Visi & Misi

Visi Institut Kesenian Jakarta

Menjadi perguruan tinggi seni yang bermartabat di bidang seni urban dan industri budaya dan kompetitif di tingkat nasional dan global pada tahun 2045.

Misi Institut Kesenian Jakarta

  • Melaksanakan Tridharma perguruan tinggi yang bermutu untuk kemajuan seni, ilmu pengetahuan, dan teknologi serta untuk kemaslahatan masyarakat.
  • Menghasilkan lulusan yang mandiri dan kompetitif di tingkat nasional dan global.
  • Menciptakan dan mengembangkan karya seni urban dan industri budaya untuk kemakmuran bangsa.

Visi Sekolah Pascasarjana IKJ

Menjadi pusat pendidikan dan pusat inovasi penciptaan dan pemikiran seni yang berperan dalam pengembangan peradaban kota dan dalam perkembangan industri budaya di Indonesia dan di kawasan Asia Pasifik.

Misi Sekolah Pascasarjana IKJ

  • Melahirkan tenaga kreatif-profesional dengan kompe-tensi akademik Magister Seni, yang inovatif, punya sikap kritis, memiliki kepekaan sosial-budaya serta punya kepedulian terhadap masalah lingkungan hidup dan berdaya saing global.
  • Menjadi pusat studi dan dokumentasi seni yang berwawasan multi-disiplin dan multi-kultural, yang bisa memberi kontribusi positif terhadap perkembangan peradab-an kota dan industri budaya di Indonesia.
  • Menjadi pusat seni dan forum pertukaran seni-budaya antar bangsa yang berperan dalam perkembangan seni di Asia Pasifik.

Tujuan

Sekolah Pascasarjana sebagai pendidikan tinggi seni bertujuan:

  1. Melahirkan Magister Seni yang mampu mengembangkan konsep dan wawasan baru dalam membangun Seni Urban dan Industri Budaya di Indonesia, serta mampu mengaplikasikannya dalam penciptaan dan pengkajian seni-seni bisual, film dan televisi, dan seni pertunjukan.
  2. Mempersiapkan Magister Seni yang mampu melakukan sintesa kreatif dan inovatif atas berbagai perkembangan ilmu, teknologi dan kesenian, dalam kinerja inter-disiplin dan inter-kultural serta mampu menghasilkan produk baru berupa kajian atau karya seni.
  3. Menjadi pusat penelitian dan pengembangan seni yang berskala dan berkelas internasional, bagi pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi untuk kepentingan masyarakat Indonesia, khususnya dalam bidang seni urban serta industri kreatif.

Profil Lulusan

  1. Peminatan Penciptaan: Menjadi kreator dan penggagas seni yang memiliki wawasan seni interdisiplin, khususnya dalam lingkup seni urban.
  2. Peminatan Pengkajian: Menjadi peneliti dan pengamat seni, khususnya seni urban, yang mampu menyampaikan pemikiran hasil kajian kepada masyarakat.

Mata Kuliah

Kuliah tatap muka di Sekolah Pascasarjana IKJ diselenggarakan dalam tiga semester. Mata kuliah yang wajib diikuti oleh setiap mahasiswa baik peminatan penciptaan maupun pengkajian adalah Workshop Penulisan, Seni dan Interpretasi (Semiotik), Seni dan Budaya Urban (Seni Urban dan Industri Budaya), Wacana Kebudayaan (Wawasan Sosial Budaya), dan Kritik Seni. Untuk mahasiswa dengan peminatan penciptaan diwajibkan untuk mengikuti mata kuliah  Wawasan dan Gagasan Karya, Proposal Karya/Studio, Seminar Penciptaan/Studio 2.  Sementara itu, mahasiswa dengan peminatan pengkajian harus mengambil mata kuliah Cultural Studies, Metode Penelitian, Persiapan Proposal, dan Seminar Tesis. Sebagai mata kuliah pilihan, mahasiswa mengikuti kuliah Narasi Visual dan Entrepreneurship.